Cara Memeriksa Kesehatan Harddisk

4 min read

Cara Memeriksa Kesehatan Harddisk di Laptop atau PC – Harddisk adalah salah satu komponen penyimpanan pada komputer atau laptop yang masih digunakan sampai sekarang.

Baru-baru ini kapasitas yang tersedia juga cukup besar, hingga puluhan TB. Bagi Anda yang menggunakan media penyimpanan ini untuk komputer, Anda harus tahu cara memeriksa kesehatannya.

Ini tentu bukan tanpa alasan karena hard disk mudah rusak sehingga dapat menyebabkan data di dalamnya hilang secara tiba-tiba.

Tidak jarang jika kesalahan pada hard disk juga dapat menimbulkan kerusakan di komponen-komponen komputer yang lainnya.

Karena alasan itu tidak akan ada salahnya jika Anda sering mengecek kondisi hard disk yang sedang digunakan sehingga dapat melakukan backup kapan saja jika kesehatan hard disk menurun.

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan tentang cara memeriksa kesehatan hard disk menggunakan perangkat lunak atau pihak ketiga dan tanpa perangkat lunak.

Cara Memeriksa Kesehatan Harddisk Tanpa Perangkat Lunak

Cara Cek Kesehatan Harddisk di Laptop atau PC

Cara mengetahui keadaan kesehatan dari harddisk komputer sesungguhnya tidak wajib memakai bantuan perangkat lunak. Berikut cara memeriksa harddisk tanpa memakai aplikasi pihak ketiga:

1. Periksa kondisi fisik harddisk

Cara pertama Anda mungkin dapat memeriksa kondisi fisik hard disk. Caranya adalah dengan mengamati apakah hard disk berjalan normal atau tidak.

hard drive yang masih berjalan normal hampir tidak berdering. Tetapi ketika Anda menggunakan laptop atau PC maka hard disk terdengar seperti “ctek ctek” atau terdengar berisik, maka Anda harus segera mencadangkan data.

Biasanya kondisi ini hanya bersifat sementara, dan mungkin tidak membaca atau pindai masalah yang serius.

Namun, jika suara sering muncul dalam periode waktu tertentu akan ada sektor buruk yang menyebabkan hard disk menjadi tidak dapat dibaca.

2. Periksa kondisi harddisk melalui Command Prompt / CMD

Untuk memeriksa hard disk tanpa harus menggunakan perangkat lunak lebih lanjut melalui command prompt / CMD.

Melalui command prompt memang dapat memeriksa kondisi hard disk jika ada masalah atau tidak. Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke layar command prompt dengan mengetikkan CMD di kolom pencarian Windows lalu masuk.
  • Kemudian ketikkan kode perintah “wmic diskdrive get status” (tanpa tanda kutip), lalu tekan enter.
  • Jika hard disk komputer tidak mengalami masalah, laporan yang muncul adalah OK. Status akan muncul tergantung pada jumlah hard drive di komputer Anda. Namun, jika tampaknya statusnya tidak OK, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa hard disk mengalami masalah sehingga disarankan untuk segera memperbaiki dan mencadangkan data.

Cara Memeriksa Kesehatan Harddisk Dengan Perangkat Lunak

Selanjutnya kami juga akan memberikan penjelasan tentang cara memeriksa kesehatan hard disk dengan bantuan perangkat lunak atau pihak ketiga.

Memeriksa kesehatan harddisk menggunakan perangkat lunak ini akan memberikan laporan yang lebih lengkap dan bahkan beberapa perangkat lunak juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa kesehatan hard drive menggunakan perangkat lunak:

1. Cara memeriksa harddisk dengan HDTune

hdtune

Perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa kesehatan hard disk adalah HDTune. Dengan perangkat lunak ini Anda dapat memeriksa kondisi hard disk melalui fitur S.M.A.R.T.

Dalam aplikasi atau perangkat lunak juga menyediakan fitur untuk memindai bad sector. Namun, bad sector adalah kerusakan pada hard disk yang dapat membuat data di dalamnya tidak dapat dibaca.

Berikut ini cara memeriksa hard disk menggunakan perangkat lunak HDTune:

  • Silakan unduh dan instal aplikasi HDTune di komputer atau perangkat laptop yang akan memeriksa kondisi hard disk. Anda bisa mendapatkan file perangkat lunak melalui tautan resmi.
  • Jika sudah diinstal, jalankan perangkat lunak dan periksa Health. Di menu Anda akan melihat status kondisi hard disk yang digunakan.
  • Setelah mengetahui kondisi hard disk, jangan lupa untuk memindai bad sector pada tab Error Scan. Jika dalam proses ini Anda menemukan bahkan satu bad sector, maka segera lakukan backup data.

2. Cara memeriksa harddisk dengan dengan Acronis Drive Monitor

Perangkat lunak lain yang dapat digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan hard disk adalah Acronis Drive Monitor. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Harap unduh dan instal perangkat lunak Acronis Drive Monitor terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyediakan beberapa perangkat lunak yang diperlukan. Jika demikian, jalankan perangkat lunak.
  • Klik menu “Disk“, maka secara otomatis akan memeriksa kesehatan hard disk yang digunakan. Jika menunjukkan 70% turun dan kuning maka hadits dapat rusak kapan saja.

Jika hasil pemeriksaan hard disk menunjukkan warna kuning atau di bawah 70% maka Anda harus segera mencadangkan datanya. Karena setiap saat hard drive dapat rusak total.

Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk memeriksa berapa lama hard disk telah digunakan. Jika Anda terus menginstal perangkat lunak ini, Anda akan diberi tahu ketika masalah hard disk terjadi.

3. Cara Memeriksa Harddisk Dengan Hard Disk Sentinel

Bisa dibilang perangkat lunak Hard Disk Sentinel ini cukup menjadi favorit bagi mereka yang ingin mengecek kondisi kesehatan sebuah komputer atau laptop.

Karena perangkat lunak ini tidak hanya mudah digunakan tetapi juga menawarkan fitur pengecekan yang sangat lengkap.

Beberapa fitur yang dapat diperiksa menggunakan perangkat lunak ini seperti suhu, kinerja kecepatan, lokasi sektor buruk.

Selain itu aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi dari hard disk itu sendiri seperti merek, ukuran dan lain-lain.

Semakin lama hard disk digunakan maka biasanya kesehatan hard disk juga akan berkurang.

Perangkat lunak ini sudah menggunakan teknologi S.M.R.T. (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology, yang dapat memprediksi kerusakan yang terjadi pada hard disk.

Cara menggunakan hard drive ini cukup mudah, yaitu dengan menjalankan perangkat lunak dan akan menunjukkan indikator tertentu. Berikut adalah beberapa arti dari indikator warna yang akan muncul:

  • Hijau: menunjukkan kondisi hard disk masih bagus
  • Kuning: tanda bahwa disk tidak bagus
  • Merah: menunjukkan kerusakan hard disk

Jadi jika Anda menemukan indikator merah maka Anda harus segera mencadangkan data dan meningkatkan kondisi hard disk Anda.

4. Cara memeriksa harddisk dengan HDD Regenerator

Perangkat lunak HDD Gegenerator juga digunakan untuk mencari tahu dan memperbaiki kerusakan hard drive, terutama masalah bad sector.

Aplikasi ini cukup sederhana dalam antarmuka sehingga mudah digunakan. Untuk menggunakan perangkat lunak ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Unduh dan instal perangkat lunak HDD Regenerator terlebih dahulu
  • Jalankan perangkat lunak dan pilih menu Regeneration. Maka 3 pilihan akan muncul yaitu Mulai Proses di Windows, Buat bootable flash dan CD / DVD.
  • Anda dapat menggunakan opsi Mulai Proses Di Bawah Windows jika Anda ingin memeriksa dan memperbaiki bad sector pada flash disk. Sementara itu, untuk memeriksa dan memperbaiki bad sector pada hard disk, ia dapat melakukan bootable. Anda dapat menggunakan flash drive atau CD / DVD. Silakan pilih salah satu dari objek-objek ini dimana aplikasi akan secara otomatis mem-boot data.
  • Setelah itu, tunggu saja sampai proses selesai.

Opsi Prescan hanya akan menampilkan data sektor buruk, sedangkan opsi pemindaian normal dapat memeriksa dan memperbaiki sektor yang buruk secara bersamaan.

Dianjurkan untuk mematikan aplikasi lain terlebih dahulu selama proses pemeriksaan menggunakan perangkat lunak ini berjalan. Tujuannya agar data booting berjalan optimal.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan sektor yang buruk maka wajib untuk mengganti yang baru karena bisa diperbaiki.

Tips Menjaga Harddisk Agar Tahan Lama

hard disk adalah salah satu komponen penting di komputer atau laptop karena menyimpan semua data anda.

Secara bertahap hard disk akan mengalami penurunan kualitas di mana efek terburuk dapat menghilangkan data data.

Oleh karena itu, sebelum itu terjadi, ada beberapa tips untuk mempertahankan hard disk agar bertahan lama, termasuk:

  • Saat menggunakan komputer atau laptop, jangan lupa memperhatikan kondisi listrik di rumah dan kualitas PSU yang digunakan
  • Jangan matikan laptop atau PC secara tiba-tiba saat sedang berjalan karena dalam jangka panjang dapat merusak hard disk
  • Anda menggunakan hard drive eksternal jadi jangan lepaskan kabel USB saat dalam proses transfer file karena dapat membuat kesalahan hard drive dan menjadi tidak dapat dibaca
  • Hindari hard drive dari benturan atau guncangan
  • Perlu mendefrag hard disk secara teratur
  • Sebisa mungkin jangan membuat drive pada hard disk yang digunakan terlalu penuh seperti drive C

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Memeriksa Kesehatan Harddisk di Laptop atau PC, semoga dapat membantu anda dalam memeriksa kesehatan harddisk anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!