Cara Memperbaiki Kartu Sim yang Tidak Dapat Dibaca

4 min read

Cara Memperbaiki Kartu Sim yang Tidak Dapat Dibaca serta Penyebabnya – Kartu SIM tidak dapat dibaca atau tidak ada layanan yang sangat umum setelah root karena IMEI biasanya akan hilang.

Masalah ini dapat terjadi pada HP apa saja dari xiaomi, coolpad, sony xperia, bahkan samsung.

Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami kartu sim yang tidak dapat dibaca. Masalah ini tentu membuat kita merasa kesal, terutama jika dalam keadaan darurat.

Karena masalah-masalah ini Anda tidak dapat mengirim SMS, melakukan panggilan, apalagi mengakses internet. Karenanya, pada kesempatan ini, Anda akan memberikan solusi untuk mengatasi SIM yang tidak terbaca.

Tapi sebelumnya, ada baiknya kita tahu dulu apa penyebab kartu SIM tidak terbaca.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Setiap masalah pasti ada penyebabnya. Tidak terkecuali dengan masalah kartu sim yang tidak dapat dibaca.

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan masalah ini. Berikut adalah beberapa penyebab masalah SIM yang tidak terdeteksi:

1. Usia Menggunakan SIM Sangat Panjang

Setiap item tentu saja memiliki masa pakai, termasuk Kartu SIM. Kartu SIM biasanya akan mengalami degradasi pada bahan plastik dan juga berwarna kuning setelah mencapai usia penggunaan lebih dari 5 tahun.

2. Kuningan Kartu SIM Rusak

simcard

Kuningan adalah komponen terpenting dalam kartu SIM. Kuningan berisi data pengguna. Kerusakan pada kuningan dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti sering dikeluarkannya sehingga mengalami banyak gesekan.

3. Kartu SIM Terlalu Panas

Slot kartu SIM umumnya terletak di area yang dekat dengan komponen yang rentan terhadap panas. Ini tentu saja membuat SIM kita menjadi panas dan merusak kuningan pada SIM.

4. Konfigurasi SIM salah

Penyebab lain Kesalahan Kartu SIM adalah konfigurasi SIM yang salah. Biasanya ini terjadi ketika kita memaksakan SIM untuk menggunakan sinyal jaringan 4G.

Meskipun lokasi Anda saat ini tidak mendukung jaringan 4G. Kesalahan konfigurasi lain juga dapat ditemukan dalam pengaturan APN.

Setiap penyedia memiliki konfigurasi APN sendiri. Maka jangan sampai kita melakukan konfigurasi yang salah.

5. Sistem Jaringan Rusak

Kerusakan sistem jaringan biasanya terjadi jika kita sering melakukan modifikasi pada ponsel kita. Seperti Root, Custom Room, dan sebagainya.

Sistem jaringan yang rusak tentu akan mencegah ponsel mengambil sinyal. Akibatnya, meskipun Kartu SIM terbaca, tidak ada layanan atau sinyal.

6. Lost IMEI

IMEI Adalah kode atau nomor unik yang membedakan setiap ponsel dan slot SIM. Jika IMEI rusak atau bahkan hilang. Maka dapat dipastikan Kartu SIM tidak dapat dibaca.

7. Gangguan Jaringan

Selain masalah internal yang ditemukan pada HP dan juga Kartu SIM. Tidak ada kartu layanan juga dapat disebabkan oleh gangguan jaringan dari penyedia yang Anda gunakan.

Gangguan biasanya terjadi karena peristiwa alam seperti hujan lebat disertai dengan kilat. Atau mungkin juga ada pemeliharaan yang dilakukan pada menara pemancar sinyal.

Itulah beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan SIM tidak terbaca. Tentu masih banyak penyebab lainnya selain beberapa penyebab yang telah Anda sebutkan di atas.

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab yang dapat membuat kesalahan kartu SIM. Lalu bagaimana cara mengatasinya.

Cara Memperbaiki Kartu SIM yang Tidak Dapat Dibaca

Berikut ini adalah Cara Memperbaiki Kartu SIM yang Tidak Dapat Dibaca yang harus Anda ketahui.

1. Bersihkan Kartu SIM Kuningan

Langkah pertama yang bisa kita ambil adalah membersihkan Kartu Sim kuningan. Kita dapat dengan mudah membersihkan SIM kuningan menggunakan penghapus.

Caranya cukup keluarkan kartu SIM, setelah itu gosok dengan lembut menggunakan penghapus pensil. Selain itu kita juga bisa membersihkan menggunakan minyak kayu putih dan jaringan.

2. Nyalakan kembali Smartphone

Jika menggunakan Mode Pesawat belum menghasilkan hasil. Langkah selanjutnya adalah me-reboot ponsel.

Dengan memulai ulang, tentu saja sistem akan memulai kembali. Dengan ini jika ada kesalahan sistem jaringan, masalah akan teratasi.

3. Gunakan Mode Pesawat

Cara yang satu ini sangat mudah dilakukan pada smartphone kita. Caranya adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat, lalu diamkan beberapa saat, lalu matikan mode pesawat.

Dengan melakukan ini, sistem akan secara otomatis membuat pengaturan jaringan dan mencari sinyal.

4. Periksa Pengaturan Nama Titik Akses (APN)

APN adalah jembatan yang menghubungkan kita dengan operator dan juga jaringan. Tentu saja, jika ada kesalahan konfigurasi APN, SIM tidak akan dibaca.

Setiap operator memiliki konfigurasi APN mereka sendiri. Anda dapat memeriksanya melalui Pengaturan. Cara mengatur APN:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Setelah itu pilih Pengaturan Kartu SIM.
  • Kemudian pilih opsi Nama Titik Akses.
  • Sesuaikan konfigurasi penyedia APN yang Anda gunakan.

5. Atur Jaringan Untuk Memilih Otomatis

Sinyal yang tidak dapat muncul juga dapat disebabkan oleh pengaturan jaringan yang salah. Ini biasanya terjadi ketika kita memilih jaringan 3G Only atau 4G Only.

Karenanya tentu saja Android hanya akan menangkap sinyal tertentu. Jadi wajar saja bahwa sinyal tidak akan muncul jika tidak ada sinyal di lokasi Anda.

Cobalah untuk mengatur jaringan agar secara otomatis memilih. Begini caranya:

  • Buka Pengaturan.
  • Setelah itu di Jaringan dan Pengaturan Jaringan pilih Jaringan Seluler atau Jaringan Seluler.
  • Kemudian pilih aktifkan Choose Automatically.

6. Periksa Konektor Slot SIM

Tidak ada layanan Kartu SIM dapat disebabkan oleh konektor SIM yang kotor atau rusak. Kita dapat memeriksa secara detail apakah konektornya kotor atau bahkan rusak seperti menekuk.

Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan ujung cotton bud yang kita teteskan dengan minyak kayu putih.

7. Bersihkan Cache

File sampah yang menumpuk tentu dapat memengaruhi sistem. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita membersihkan file sampah di android kita.

Kita dapat membersihkannya melalui pengaturan aplikasi. Atau jika Anda ingin lebih praktis. Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan aplikasi Cleaner.

8. Periksa Android IMEI

Bagi kita yang suka menyalin android. Bukan tidak mungkin ada kesalahan yang mungkin tidak kita sadari. Salah satunya adalah hilangnya nomor IMEI ponsel Android Anda.

Anda dapat memeriksa nomor IMEI dengan membuka menu panggilan setelah itu, ketikkan kode rahasia * # 06 #.

Setelah itu nomor IMEI ponsel kita akan muncul. Jika nomor tidak muncul maka kesalahan terjadi pada nomor IMEI android Anda.

9. Kunjungi Penyedia Layanan Pelanggan

Jika ada kerusakan pada Kartu SIM. Dan Anda masih ingin menggunakan nomor tersebut. Kita bisa pergi ke Penyedia Layanan Pelanggan yang kita gunakan seperti Grapari.

Di sana kita dapat meminta kartu baru untuk mengganti kartu tetapi masih menggunakan nomor yang kita gunakan.

10. Coba Kartu SIM lain

Untuk menemukan lokasi kesalahan kita dapat memasukkan kartu lain di ponsel. Dan juga memasukkan SIM ke ponsel lain.

Jika kartu lain yang Anda letakkan di ponsel tidak dapat dibaca, maka ada kemungkinan kesalahan pada ponsel tersebut.

Dan sebaliknya. Jika Kartu SIM yang Anda letakkan di ponsel lain tidak dapat dibaca, kerusakannya ada pada Kartu SIM.

11. Reset Pabrik

Jika dengan menggunakan semua metode di atas tetapi belum berhasil juga. Anda dapat mengembalikan pengaturan ke pengaturan pabrik.

Metode ini dapat dilakukan jika Anda yakin ada kesalahan dalam sistem jaringan di Android Anda. Tetapi kita harus membuat cadangan semua data penting yang ada.

12. Bawa ke Pusat Layanan

Jika kita telah melakukan semua metode di atas tetapi tidak berhasil. Kita bisa membawa kita ke pusat layanan.

Masalah kartu yang tidak dapat dibaca dapat disebabkan oleh sistem yang rusak. Jika melakukan Reset Pabrik tidak membuahkan hasil. Anda dapat membawa ponsel Anda ke Pusat Layanan sehingga akan di-flash ulang.

Selain itu bisa juga ada kerusakan pada komponen IC Signal. Biaya perbaikan Kartu SIM yang tidak terbaca biasanya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp150.000 tergantung pada merek dan pusat layanan.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Memperbaiki Kartu Sim yang Tidak Dapat Dibaca serta Penyebabnya, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi kartu sim yang tidak dapat dibaca.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!