Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

3 min read

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi atau Rusak – Keyboard adalah salah satu perangkat yang cukup rentan terhadap kerusakan. Jika keyboard laptop kita rusak, kita dapat memperbaikinya dengan beberapa cara.

Keyboard adalah komponen input komputer yang kita butuhkan dalam segala hal. Mulai dari mengetik, broswing, menggunakan aplikasi, bermain game, dan lainnya.

Meski sekarang ada banyak laptop yang menyediakan fitur layar sentuh. Namun keberadaan keyboard masih tak tergantikan.

Mengingat pentingnya fungsi keyborad bagi pengguna laptop. Jadi keyboard laptop kita harus dalam kondisi prima dan bagus.

Jika kondisi yang tidak biasa terjadi pada keyboard, itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Ada beberapa jenis kerusakan yang dapat terjadi pada keyboard laptop.

  • Satu atau lebih tombol pada keyboard sangat sulit ketika kita menekan.
  • Satu atau lebih tombol pada keyboard dapat ditekan. Tetapi berbagai karakter atau huruf muncul.
  • Keyboard tidak terdeteksi oleh laptop Anda.
  • Keyboard terdeteksi tetapi tidak dapat digunakan sama sekali.
  • Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi.
  • Keyboard pengetikan sendiri.

Masalah kerusakan keyboard dapat terjadi di semua merek laptop. Seperti Asus, Acer, Lenovo, HP, dan merek laptop lainnya. Selain itu masalah ini juga dapat terjadi pada sistem operasi apa pun termasuk Windows 10.

Kesalahan pada keyboard tentu saja dapat terjadi karena beberapa alasan. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kesalahan keyboard laptop.

Penyebab Kesalahan Keyboard

Berikut ini adalah penyebab kesalahan keyboard yang harus Anda ketahui.

1. Keyboard terpapar debu atau pasir

Biasanya ini bisa terjadi jika kita sering menggunakan laptop kita di luar ruangan. Misalnya kita menggunakan laptop kita di taman, di tempat kerja di luar, atau di lapangan.

Debu dan pasir bisa masuk ke bagian bawah tombol keyboard. Dengan begitu tombol keyboard biasanya akan sulit ditekan.

2. Terlalu sering menekan tombol

Bagi Anda para gamer, terutama gamer PC. Tentunya Anda sering atau pernah merasakan masalah ini. Saat bermain game, Anda biasanya hanya menggunakan beberapa tombol tertentu.

Ketika kita melakukan ini terus menerus, itu akan membuat tombol keyboard mudah patah.

Anda menyarankan bahwa jika Anda menggunakan laptop Anda untuk bermain game, gunakan keyboard gaming eksternal khusus.

Selain keyboard laptop menjadi lebih tahan lama, Anda juga akan lebih nyaman dan nyaman menggunakan keyboard gaming khusus.

3. Terkena tumpahan cairan

Penyebab paling umum kedua adalah keyboard kita terkena tumpahan cairan. Mulai dari terkena air, minuman, atau bahkan terkena hujan.

Cairan yang tumpah di keyboard laptop Anda dapat menyebabkan tombol keyboard tidak berfungsi.

4. Ada masalah dengan driver keyboard laptop

Selain masalah di atas, keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali karena kerusakan pada driver.

Biasanya driver yang Anda gunakan telah kedaluwarsa atau sedang mengalami masalah seperti virus.

5. Laptop terjatuh

Jika laptop kita jatuh mungkin masalahnya tidak terjadi pada keyboard saja. Tetapi dapat menyebabkan masalah atau kerusakan ada komponen lain. Salah satunya adalah LCD laptop yang rusak.

6. Karet keyboard telah rusak

Kerusakan lain dapat disebabkan oleh karet pada tombol keyboard yang sudah rusak. Biasanya masalah ini terjadi pada laptop yang Anda perlakukan secara tidak wajar.

Atau bisa juga karena laptop kita sudah cukup tua. Dengan begitu lama keyboard karet laptop akan menjadi rapuh dan tipis. Alhasil tombol keyboard saat ditekan kurang optimal.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Setelah kita ketahui beberapa jenis dan penyebab kerusakan pada laptop. Kali ini kita akan belajar cara memperbaiki keyboard laptop kita.

1. Nyalakan kembali laptop

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah me-restart laptop. Kita harus melakukan metode ini sebelum mengambil tindakan lain.

Restart laptop terbukti mampu memperbaiki berbagai jenis masalah yang terjadi di dalam sistem operasi secara real time atau langsung.

Jika laptop tidak dapat dihidupkan ulang, kita bisa menekan tombol daya selama beberapa detik hingga laptop mati. Jika demikian, mulai ulang laptop kita.

Jika keyboard belum dapat digunakan, Anda dapat mencoba cara lain untuk memperbaikinya.

2. Masalah yang Terjadi pada Driver

Masalah dengan driver juga dapat menyebabkan keyboard laptop Anda tidak berfungsi. Ini biasanya terjadi ketika kita menginstal aplikasi pihak ketiga yang terkena virus.

Untuk memeriksa, buka Device Manager dan kemudian lihat driver pada keyboard. Jika ada tanda segitiga kuning, maka dapat dipastikan driver keyboard Anda mengalami masalah.

Anda dapat memperbaiki ini dengan menginstal driver keyboard yang ada di CD Driver. Atau Anda juga dapat mengunduh driver keyboard terbaru.

3. Periksa Num Lock

Jika keyboard tidak berfungsi dengan baik itu bisa terjadi karena kesalahan kita. Salah satu yang paling umum adalah karena kita lupa mematikan Num Lock.

Dengan begitu karakter yang keluar dengan apa yang kita ketik bisa berbeda.

Untuk mematikan Num Lock kita bisa menggunakan tombol Fn dan NumLock. Setelah itu, periksa apakah keyboard kita berjalan normal atau tidak.

4. Bersihkan Kotoran pada Keyboard

kotoran keyboard

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah karena debu dan kotoran pada keyboard laptop kita.

Debu dan kotoran biasanya terselip di antara tombol-tombol keyboard. Atau Anda juga bisa masuk di bawah tombol dan kemudian menutupi komponen di dalamnya.

Cara tersimple untuk membersihkan kotoran pada keyboard ialah dengan memutar laptop 45 hingga 75 derajat sembari menggoyang -menggoyangkannya.

Kita juga bisa menggunakan pembersih khusus untuk keyboard dalam bentuk perangkat vakum kecil.

Jika keyboard kita tidak berfungsi karena terkena air. Maka kita harus membersihkan bagian dalamnya juga.

Lepaskan tombol keyboard lalu bersihkan dan keringkan papan sirkuit keyboard dengan kain atau tisu. Selain itu kita juga bisa menambahkan alkohol atau minyak kayu putih.

Menghapus keyboard atau tombol keyboard memang tidak mudah. Jika Anda tidak bisa dan jangan ragu untuk melakukannya. Anda hanya harus membawa laptop Anda ke pusat layanan.

5. Lakukan Pemulihan Sistem

Jika Anda yakin keyboard Anda memiliki kesalahan setelah Anda menginstal aplikasi. Kemudian kita dapat mencoba memperbaikinya dengan pemulihan sistem.

Caranya adalah dengan membuka Start Menu, lalu di kolom pencarian masukkan Recovery. Setelah itu, lakukan pengembalian sistem.

Dengan melakukan ini laptop dapat kembali ke keadaannya sebelum kita menginstal program.

6. Lepas Baterai Laptop

Anda juga dapat mencoba melepas baterai laptop untuk sementara waktu. Karena biasanya pada laptop lama dan tegangan yang digunakan tidak stabil.

Ini akan menimbulkan sedikit masalah. Salah satunya adalah komponen keyboard tidak berfungsi dengan baik.

7. Konektor Terpisah

Masalah keyboard yang tidak terdeteksi sama sekali biasanya disebabkan oleh konektor keyboard yang dapat dilepas.

Konektor di dalam laptop dapat rusak, bengkok, meregang, atau terlepas. Untuk mengatasinya, kita harus membuka laptop dan kemudian mencoba menghubungkan kembali konektor keyboard dengan mainboard.

Tetapi jika ragu, kita harus membawa laptop ke penyedia layanan yang kita percayai. Jaga baik-baik keyboard laptop Anda. Selain itu kita juga bisa menggunakan keyboard eksternal, agar keyboard laptop tetap awet.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi atau Rusak, semoga dapat membantu anda dalam memperbaiki keyboard laptop anda yang tidak berfungsi.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!