Cara Mempercepat Kinerja Laptop

3 min read

10 Cara untuk Mempercepat Kinerja Laptop, dan Penyebab Laptop Lemot – Anda harus segera mempraktikkan cara mempercepat kinerja laptop karena perangkat seperti laptop akan terasa lambat seiring berjalannya waktu.

Laptop lambat dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti virus, spesifikasi rendah pada laptop, kapasitas hard disk penuh, kapasitas RAM tidak mencukupi, dan berbagai masalah lainnya.

Ini tentu akan sangat menjengkelkan, terutama jika kita dikejar oleh tenggat waktu dan perangkat kita tidak dapat diundang untuk bekerja sama.

Sebelum Anda tahu cara mempercepat kinerja laptop, Anda harus tahu penyebab laptop lambat Anda.

Penyebab Laptop Lambat

Berikut adalah penyebab laptop lambat yang harus Anda ketahui.

1. Hard Drive Lama

Jika hard drive Anda sudah tua, maka Anda harus menggantinya. Karena hard disk juga memiliki batasan umur. Hard drive yang sudah tua, akan mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan.

2. Banyak Program Startup

Jika Anda memiliki banyak aplikasi di laptop, itu bisa menjadi salah satu penyebab laptop lambat. Soalnya, beberapa aplikasi akan berjalan di latar belakang secara otomatis ketika Anda memulai laptop.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis saat booting, akan membuat laptop semakin lambat.

3. Hard drive penuh

Banyak data juga memberikan faktor penyebab laptop menjadi lambat. Jika hard disk Anda hampir penuh mencapai 95 persen, sangat mungkin laptop Anda akan melambat.

4. Banyak Add-Ons

Tanpa sadar, Anda ingin menambahkan add-on ke halaman browser. Inilah alasan mengapa laptop lambat. Jadi, Anda harus berhati-hati sebelum menginstal pengaya.

5. Banyak Aplikasi yang Berjalan

Cukup sering Anda membuka banyak aplikasi sekaligus. Ini juga merupakan penyebab laptop lambat, karena keterbatasan RAM.

Setelah Anda tahu apa yang membuat laptop Anda lambat, di sini kami akan memberi tahu Anda cara mempercepat kinerja laptop di windows.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Inilah cara meningkatkan kinerja laptop pada Windows 7, 8, 10.

1. Hapus File di Recycle Bin

Sampah di Recycle Bin dapat menjadi penyebab kinerja laptop lambat. Pertama periksa file, jika tidak digunakan, hapus file tersebut.

Untuk cara menghapusnya, klik kanan pada ikon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

Selain itu, ada cara alternatif untuk menghapus file sementara yang terdapat di browser. Anda dapat menggunakan aplikasi CCleaner.

2. Minimalkan program yang berjalan saat Startup

Nonaktifkan pada program yang dianggap tidak penting, karena program pada startup yang berlebihan dapat menjadi penyebab laptop lambat.

Untuk mematikan program yang sedang berjalan saat Startup, Anda dapat menekan tombol Win + R> ketik msconfig> pilih tab Startup, lalu hapus centang pada program yang ingin Anda nonaktifkan.

3. Meningkatkan kapasitas RAM dan hard disk

Proses multitasking yang berat dapat mengurangi kinerja pada laptop. Dalam hal ini, menambahkan RAM adalah solusi yang tepat untuk mempercepat kinerjanya.

Pastikan juga untuk memeriksa kapasitas hard disk. Tidak heran kapasitas hard disk terlalu penuh menyebabkan laptop Anda menjadi lambat.

Akan lebih baik jika Anda memiliki hard drive eksternal untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu hard drive internal Anda penuh.

4. Copot program yang tidak perlu

Anda dapat menghapus program yang tidak penting atau tidak digunakan lagi. Caranya adalah dengan membuka menu Start> Control Panel> Uninstall program dan kemudian pilih program yang ingin Anda hapus.

5. Instal Antivirus

antivirus

Instal Antivirus yang tepat, jangan biarkan Anda menginstal Antivirus yang membuat laptop Anda lebih lambat.

Seperti namanya, Antivirus dapat membasmi virus pada laptop sehingga kinerja laptop lebih ringan dan lebih cepat.

6. Custom Virtual Memory

Peran memori virtual tidak sebanyak RAM, memori virtual Anda dapat membantu meningkatkan kinerja pada laptop.

Untuk mengatur berapa banyak memori virtual yang ingin Anda gunakan, buka Control Panel> System and Security> System atau Anda bisa dengan menekan tombol Windows + Pause / Break.

Kemudian pilih Pengaturan sistem tingkat lanjut. Kemudian pilih tab Advanced, lalu pilih Pengaturan dari menu Performance. Cara Mempercepat Kinerja Laptop Asus

Kemudian pilih lagi ke tab Advanced, pilih Change pada menu Virtual memory. cara mempercepat kinerja laptop windows 8

Hapus tanda centang Secara otomatis mengelola ukuran file paging untuk semua drive. Kemudian pilih Ukuran khusus dan tentukan berapa banyak memori virtual yang Anda inginkan. Setelah itu pilih Set, lalu pilih OK.

7. Gunakan Disk Defragmenter

Fragmentasi data membuat drive bekerja lebih keras, itu tentu membuat kinerja laptop menurun.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan Disk Defragmenter untuk mengatur ulang data yang terfragmentasi.

Anda dapat melakukan ini dengan mengklik kanan drive yang ingin Anda defragmenter> pilih Properties> lalu pilih Defragment sekarang pada tab Tools.

8. Gunakan Disk Cleanup

Alat ini berguna untuk menghapus file sementara di drive. Anda dapat memilih drive mana yang ingin Anda bersihkan dari file sementara.

Untuk menggunakan alat ini, silakan klik kanan drive yang ingin Anda bersihkan> pilih Properties lalu pilih Disk Cleanup.

9. Hapus gadget yang tidak digunakan di desktop

Gadget yang dipasang di desktop menjadi salah satu efek memperlambat kinerja laptop Anda. Sangat direkomendasikan agar anda menghapus gadget yang anda anggap tidak penting di dalam desktop.

Tetapi, jika Anda memakai laptop dengan spesifikasi mumpuni, maka efeknya tidak akan terasa.

10. Aktifkan mode Hibernate

Fungsi Hibernate adalah untuk menyimpan semua memori yang berfungsi saat laptop dimatikan. dan akan dikembalikan seperti semula ketika hibernasi.

Cara menggunakannya tekan Windows Key + i dan pilih Sistem> pilih Daya & Tidur> Pengaturan daya tambahan dan Opsi Daya> pilih Pilih apa yang dilakukan tombol daya dan klik Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 10 Cara untuk Mempercepat Kinerja Laptop, Mudah dan Efektif, semoga dapat membantu anda dalam mempercepat kinerja dari laptop anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!