Cara Mempercepat Ponsel Android

1 min read

Cara Untuk Mempercepat Ponsel Android Agar Tidak Lambat atau Lemot – Seiring berjalannya waktu, kinerja ponsel android semakin akan menjadi semakin lambat.

Ini bisa terjadi karena hal-hal tertentu, untungnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempercepat ponsel android.

Karena bahkan ponsel Android tercepat sekalipun akan mulai menunjukkan tanda-tanda menjadi lambat jika sudah terlalu lama digunakan.

Sebelum Anda memilih untuk membeli ponsel baru, coba gunakan metode berikut.

Cara Mempercepat Android

Cara Mempercepat Ponsel Android

Berikut ini adalah cara untuk mempercepat Android yang harus Anda ketahui.

1. Pembaruan OS

Pastikan ponsel cerdas Android Anda telah diperbarui ke sistem operasi terbaru. Caranya, masuk ke menu Pengaturan> Tentang Perangkat> Pembaruan Perangkat Lunak> dan sentuh tombol Periksa Pembaruan.

Jika ada pembaruan terbaru, perbarui segera di ponsel pintar Android Anda. Selain memaksimalkan kinerja pada ponsel cerdas, biasanya akan ada fitur baru setelah pembaruan.

2. Bersihkan Layar Utama

Layar utama atau layar beranda sering diisi dengan pintasan aplikasi, baik dari aplikasi yang sering digunakan maupun aplikasi yang baru diinstal.

Selain masalah ini, pastikan wallpaper yang dipasang statis. Hindari penggunaan wallpaper yang bergerak, karena akan memberatkan kinerja ponsel.

3. Catat Jumlah Memori

Setiap smartphone dilengkapi dengan spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga memengaruhi kinerja ponsel cerdas.

Ketika ada memori internal yang sangat sedikit, ini bisa menjadi faktor di Android Anda menjadi lambat. Untuk mengatasi masalah ini, hindari menyimpan data hingga memenuhi penyimpanan internal.

Kami menyarankan Anda menggunakan smartphone yang dilengkapi dengan dukungan kartu memori, atau smartphone dengan memori internal yang besar.

4. Matikan Sinkronisasi

Agar tetap terhubung dengan semua akun yang diinstal di Android Anda, fitur Auto-Sync harus diaktifkan. Tetapi ini memiliki dampak besar pada kinerja Android Anda.

Mematikan Sinkronisasi Otomatis sangat berguna untuk berurusan dengan smartphone Android Anda yang mengalami lambat.

Tetapi itu berdampak pada Anda harus membuka aplikasi secara manual seperti Email atau Kalender.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak aplikasi baru di Google Play Store selalu menarik untuk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi diabaikan, menyebabkan ponsel cerdas Android Anda terbebani.

Untuk menjaga stabilitas kinerja ponsel cerdas Android Anda, segera hapus aplikasi yang tidak digunakan. Kadang-kadang beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena mereka adalah sistem default.

Yang menjengkelkan adalah kenyataan bahwa kadang-kadang aplikasi standar sistem terus berjalan walaupun tidak dibutuhkan, sehingga menghabiskan RAM dan memperlambat android Anda.

6. Gunakan Peluncur

Salah satu kelebihan dari smartphone android yang membuatnya banyak digunakan adalah kemudahan kustomisasi.

Jika Anda bosan dengan tampilan yang dibawa oleh perangkat Android OEM, Anda dapat mencoba menggunakan peluncur lain.

Selain mengubah suasana, mengubah peluncur juga berguna untuk mengatasi Android Anda yang terasa lambat berkat UI default.

7. Reset Pabrik

Cara terbaik untuk mengembalikan ponsel Anda seperti baru lagi adalah dengan melakukan reset pabrik, ini bertujuan untuk membersihkan semua data di dalamnya.

Sebelum melakukan reset pabrik, sebaiknya backup dulu data penting Anda. Dengan alasan, ponsel akan terlihat seperti baru lagi.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mudah untuk Mempercepat Ponsel Android agar Tidak Lambat, semoga dapat membantu anda dalam mempercepat ponsel android anda agar tidak lemot.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!