Cara Menangani Laptop Mati Sendiri

2 min read

Cara Menangani Laptop Mati Sendiri serta Penyebab Laptop Mati – Laptop sering mati dengan sendirinya saat kita bermain game, tetapi saat menjelajah atau melakukan pekerjaan itu juga bisa terjadi.

Lalu apa penyebab laptop mati sendiri? Banyak penyebab kondisi laptop seperti itu, beberapa di antaranya bisa karena masalah perangkat keras, voltase, atau bahkan masalah dengan monitor laptop itu sendiri.

Peristiwa kematian laptop mendadak dapat terjadi ketika hanya beberapa menit laptop dihidupkan dan dapat mati sendiri meskipun baterai belum habis dan dalam kondisi terisi penuh.

Namun, tidak menutup kemungkinan kemungkinan laptop Anda harus diganti.

Untuk mengatasi laptop mati itu sendiri ada beberapa langkah, baik dalam mencegah atau dalam kondisi laptop yang sudah sering mati sendiri. Jadi rawat laptop Anda dengan benar.

Jangan hanya digunakan terus menerus dan tanpa perawatan sama sekali. Untuk masalah ini ada banyak diagnosa, di sini kami akan menjelaskan berbagai macam penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Salah satu hal yang perlu kita ketahui sejak awal adalah tentang apa faktor laptop mati itu sendiri, apakah itu karena virus atau sesuatu yang lain.

Hanya saja kita akan membahas penyebab dalam hal perangkat fisik laptop. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab laptop mati sendiri, berikut ini diantaranya yaitu:

1. Terlalu Panas

Panas berlebih atau panas berlebih yang terjadi pada laptop dapat memicu laptop untuk beristirahat dengan sendirinya.

Para produsen laptop, terutama di prosesor, sering membuat mekanisme mati otomatis ketika laptop terasa terlalu panas.

Bahkan dengan perkembangan prosesor generasi terbaru ini, kemungkinan besar masalah seperti ini tidak akan terjadi karena tingkat manajemen panas semakin dioptimalkan.

Namun, tidak ada salahnya jika kita mewaspadai masalah overheating pada laptop, untuk memperpanjang umur perangkat keras sekaligus mencegah laptop agar tidak bisa hidup.

2. Kehabisan Sumber Daya

Kehabisan baterai atau pada prinsipnya terputus dari sumber listrik, juga bisa menjadi pemicu laptop mati dengan sendirinya.

Tentu saja, tanpa listrik, laptop atau perangkat elektronik umumnya tidak dapat berfungsi atau hidup.

Karena itu, untuk mengatasinya tentu saja kita harus menyediakan sumber daya yang cukup agar laptop berjalan dengan baik.

Tentunya setiap laptop memiliki karakteristik sumber daya yang berbeda, jika laptop tidak dapat dihidupkan tanpa diisi, ia harus selalu menghubungkan laptop ke sumber daya.

Dan jangan terus berpikir bahwa “meskipun baterai sudah penuh”.

3. RAM Rusak

RAM

RAM yang rusak juga merupakan faktor dalam laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

Selain itu, kadang-kadang juga akan ada masalah lambat yang luar biasa pada laptop, meskipun kondisi prosesor dan spesifikasi lainnya serta penggunaan aplikasi tidak begitu buruk.

Jika ini terjadi, maka mau tidak mau Anda harus mengganti RAM yang terpasang di laptop. Agar tidak memperburuk kinerja RAM itu sendiri.

4. Papan Utama Rusak

Papan utama adalah salah satu perangkat keras yang perannya cukup sentral, acara seperti ini biasanya ditemukan di laptop lama.

Selain itu, penggunaan berkelanjutan dalam durasi yang relatif lama juga bisa menjadi pemicu.

Jika benar papan utama pada laptop rusak, disarankan untuk mengganti laptop, karena harga papan utama hampir sama dengan harga satu laptop.

5. Prosesor Rusak

Masalah lain yang dapat menyebabkan laptop tiba-tiba mati adalah prosesor yang rusak. Tentu ini sangat wajar, mengingat prosesor adalah otak utama laptop.

Sehingga jika prosesor laptop rusak, maka kemungkinan besar laptop akan mati dengan sendirinya. Karena itu, kita harus selalu memperhatikan keadaan prosesor, menjaga prosesor agar umur laptop menjadi panjang.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Cara Menangani Laptop Mati Sendiri

Setelah mengetahui beberapa hal penting tentang penyebab laptop mati dengan sendirinya, maka kita juga perlu memiliki wawasan tentang cara menangani laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Ganti Baterai atau Perbaiki Sumber Listrik

Sebagaimana dibahas di atas, salah satu jenis masalah yang menyebabkan laptop mati sendiri adalah karena sumber daya yang buruk atau karena hilangnya sumber daya daya listrik yang dimiliki oleh laptop.

Maka dari itu, salah satu langkah yang bisa anda lakukan ialah memperbaiki baterai atau sumber dari daya latop, atau anda bisa mengganti baterai laptop Anda.

Kita juga perlu mengkonfirmasi atau mengganti kesehatan charger, slot atau port charger, konektor baterai, dan juga berbagai masalah lainnya.

2. Ganti Perangkat yang Rusak

Kerusakan prosesor dan kerusakan RAM, seperti yang dibahas di atas, dapat menjadi salah satu alasan mengapa laptop bisa mati sendiri.

Karena itu, tentu saja cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti atau memperbaiki perangkat ini. Dengan melakukan ini, anda dapat memastikan bahwa perangkat ini dapat berfungsi dengan baik lagi.

3. Memperbaiki Sistem Pendingin Laptop

Selain sebagai sumber daya yang buruk, masalah yang dapat muncul adalah sistem pendingin laptop yang buruk.

Yang harus dilakukan adalah mengganti heatsink, membersihkan kipas laptop, mengganti thermal paste dan masalah lainnya.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memperbaiki masalah, minta teknisi untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa hal tentang penyebabnya dan juga cara menangani mati laptop itu sendiri.

Tentu saja masih ada berbagai macam penyebab dan juga cara menangani laptop mati dengan sendirinya yang belum dimasukkan dalam pembahasan di atas.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Menangani Laptop Mati Sendiri serta Penyebab Laptop Mati, semoga dapat membantu anda dalam menangani laptop anda yang mati sendiri.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

Cara Menggunakan Recuva

Admin
2 min read

Cara Mengatasi Laptop Hang

Admin
4 min read
error: Content is protected !!