Cara Mengatasi Blue Screen

3 min read

7 Cara Mengatasi Blue Screen pada PC Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10 – Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Windows adalah Blue Screen of Death.

Sekarang untuk mengatasi masalah Blue Screen, kita dapat menggunakan beberapa metode. Pengguna Windows tentu akrab dengan masalah BSOD yang terjadi pada komputer mereka.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada Windows 7, tetapi juga dapat terjadi pada semua sistem operasi Windows. Seperti Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Selain itu, masalah layar biru juga tidak memperhitungkan merek laptop yang Anda gunakan. Karena layar biru itu sendiri dapat ditemukan baik pada Asus, Acer, Lenovo, HP, dan merek laptop lainnya.

Blue Screen of Death atau yang biasa disebut layar biru adalah kondisi di mana Windows hanya akan memunculkan warna dan teks biru tertentu pada layar monitor.

BSOD ini dapat muncul karena beberapa faktor, seperti masalah perangkat lunak atau masalah dengan perangkat keras komputer.

Penyebab Blue Screen of Death

Adanya masalah pada komputer kita biasanya disebabkan oleh kerusakan perangkat lunak atau perangkat keras. Begitupun dengan masalah Blue Screen of Death atau BSOD ini.

Penyebab Blue Screen of Death juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada perangkat keras atau perangkat lunak.

Kecelakaan ini akan terjadi karena proses di mana Windows menemukan STOP Error, yang kemudian menyebabkan kegagalan proses Windows.

Sehingga bisa menyebabkan Windows berhenti bekerja. Langkah pertama yang biasanya kita lakukan adalah me-restart atau mematikan PC kita. Memang masalah ini sangat mengganggu.

Apalagi jika kita sedang melakukan pekerjaan dan belum punya waktu untuk menghemat lebar pekerjaan. Maka secara otomatis hasil pekerjaan kita akan hilang.

Ketika Blue Screen of Death muncul biasanya akan ada artikel tentang crash yang terjadi. Seperti halnya crash yang terjadi pada hard drive yang juga disebut Minidump.

Ketika ini terjadi kita tidak perlu panik dulu. Kemudian selanjutnya kita bisa melakukan sejumlah cara di bawah ini untuk mengatasi layar biru.

Cara Mengatasi Blue Screen

Cara Mengatasi Blue Screen pada PC Windows

Berikut ini beberapa langkah yang harus kita ambil untuk mengatasi masalah layar biru.

1. Nyalakan Kembali Komputer

Cara pertama untuk mengatasi layar biru adalah dengan me-restart laptop Anda terlebih dahulu.

Nyalakan kembali komputer yang bisa kita lakukan dengan menekan tombol restart pada komputer kemudian tunggu sampai komputer mulai lagi.

Jika kita menggunakan laptop, maka kita tidak mengatur tombol restart, kita dapat mematikan laptop kita.

Yaitu dengan menekan dan menahan tombol power hingga laptop benar-benar mati. Kemudian nyalakan kembali laptop.

Setelah PC Anda aktif dan proses booting selesai, komputer kami dapat digunakan kembali seperti biasa. Tetapi jika metode ini tidak dapat mengatasi Blue Screen of Death.

2. Lakukan Pemulihan Sistem

Pemulihan Sistem berguna untuk memulihkan Sistem Windows sebelum terjadi kerusakan yang menghasilkan layar biru.

Cara kerjanya adalah Pemulihan Sistem akan mengembalikan sistem yang ada pada saat Anda tentukan. Misalnya, Anda mengembalikannya 2 hari sebelum insiden layar biru yang kami alami. Cara memulihkan Windows:

  • Pertama, matikan komputer Anda, baik dalam keadaan normal atau saat berada di layar biru.
  • Jika saat mengalami layar biru, tekan dan tahan tombol daya beberapa detik hingga komputer mati sepenuhnya.
  • Nyalakan kembali komputer kita.
  • Saat boot, tekan tombol F8 pada keyboard. Kemudian pilih Safe Mode.
  • Setelah Anda berhasil memasuki Safe Mode.
  • Selanjutnya kita buka menu System Restore.
  • Dengan mengklik Windows lalu buka panel Kontrol, setelah itu pilih System & Security.
  • Kemudian pilih Pusat Tindakan, lalu klik Pemulihan. Kemudian pilih Buka Pemulihan Sistem.
  • Dalam menu Pemulihan Sistem kita dapat menemukan tanggal yang kita inginkan atau juga dapat memilih rekomendasi atau opsi default.
  • Klik Berikutnya lalu Berikutnya lagi lalu pilih Selesai lalu Ya.
  • Setelah itu komputer kita akan restart dan System Restore dengan sendirinya.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan kita dapat menggunakan komputer kita secara normal.
  • Biasanya setelah kita melakukan System Restore komputer akan berjalan sedikit lebih lambat dari biasanya.
  • Ini alami. Jadi Anda tidak harus menjalankan program berat terlebih dahulu sampai komputer berjalan normal.

3. Memperbaiki Sistem Operasi Windows

windows sistem

Jika menggunakan dua metode di atas masih gagal, kita dapat memperbaiki Windows kita. Metode ini sering digunakan untuk mengatasi masalah Blue Screen of Death yang disebabkan oleh file Windows yang rusak.

Untuk melakukan ini kita memerlukan DVD atau Flash Disk dengan sistem operasi Windows yang sama yang kita gunakan. Kemudian lakukan perbaikan Windows.

4. Instal Pembaruan Driver

Jika laptop Anda masih mengalami Blue Screen of Death. Anda juga dapat melakukan peningkatan dengan menginstal pembaruan driver. Metode ini hampir sama dengan memperbaiki sistem operasi Windows.

Namun bedanya, metode ini biasa digunakan karena kerusakan pada driver yang tidak cocok dengan perangkat keras kita.

Cara menginstal Pembaruan Driver adalah dengan mengunduh driver terbaru dari perangkat yang kita miliki.

5. Lakukan Pemindaian Virus

Jika memang perbaikan sistem operasi dan pembaruan Windows masih tidak berfungsi. Mungkin saja komputer kita terinfeksi oleh Virus atau bahkan Malware.

Karena Virus atau Malware juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer kita mengalami Blue Screen.

Sayangnya tidak banyak orang tahu bahwa Malware adalah penyebab utama yang dapat merusak perangkat lunak, driver, dan bahkan file sistem di komputer kita.

Untuk cara mengatasinya adalah dengan melakukan scan menggunakan antivirus.

6. Instal ulang Windows

Jika setelah melakukan sejumlah cara di komputer kita masih tidak dalam kondisi baik, kita dapat menginstal ulang Windows. Dengan cara ini komputer akan kembali ke kondisi segar.

Sehingga kita tidak akan mengalami masalah lagi Blue Screen of Death. Namun, jika kita melakukan cara ini layar biru masih mendekat.

Maka kemungkinan besar masalahnya adalah dengan perangkat keras komputer kita.

7. Periksa Perangkat Keras

Jika kita menggunakan semua metode di atas dan kita masih mengalami layar biru, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada perangkat keras kita.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa kondisi hard drive kita. Karena secara umum, layar biru sering terjadi karena ada kerusakan pada hard disk kita.

Setelah itu kita juga bisa mengecek perangkat keras lain seperti RAM. Jika kita tidak tahu masalah perangkat keras komputer. Maka kita harus membawa komputer kita ke pekerja layanan.

Itulah 7 cara mengatasi Layar Biru pada komputer Windows. Lakukan beberapa cara di atas agar komputer kita berjalan normal.

Jika layar biru dapat diselesaikan dengan cara tertentu, maka kita tidak perlu lagi melanjutkan ke cara berikutnya.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 7 Cara Mengatasi Blue Screen pada PC Laptop Windows 7, 8 dan 10, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi blue screen di pc atau laptop anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!