Cara Mengatasi USB Not Recognized pada Windows

4 min read

10 Cara Mengatasi USB Not Recognized pada Windows di Laptop/PC – Komputer dan laptop telah menjadi kebutuhan bagi hampir semua orang, terutama orang yang bekerja di kantor dan bekerja di bidang IT.

Memiliki komputer atau laptop adalah kewajiban bagi setiap karyawan kantor. Mereka membutuhkan komputer untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan kantor mereka.

Saat ini komputer memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan teknologi di masyarakat.

Sekarang banyak orang menggunakan komputer untuk bekerja, tanpa komputer ada orang yang tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya.

Komputer saat ini tidak hanya untuk berselancar di internet dan mengetik, banyak orang juga membutuhkan port USB pada komputer untuk berbagai kebutuhan seperti transfer data.

Namun Anda tentu pernah mengalami masalah di mana ketika Anda ingin mentransfer data USB Anda, Anda tidak bisa membaca dan ada masalah, dan salah satu masalah yang sering dijumpai adalah USB Not Recognized.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan tutorial tentang cara Mengatasi USB Not Recognized karena kebanyakan orang menjadi bingung ketika mereka menghadapi masalah ini.

Baca Juga: Cara Mudah Untuk Mematikan Antivirus

Cara Mengatasi USB yang Not Recognized pada PC / Laptop

Cara Mengatasi USB Not Recognized pada Windows

Berikut ini adalah Cara Mengatasi USB yang Tidak Diakui pada PC Laptop yang harus Anda ketahui.

1. Cabut dan Pasang Kembali USB

Jika Anda mengalami masalah dengan USB Not Diakui di komputer Anda, maka Anda dapat mencoba mencabut usb yang Anda instal dan tunggu beberapa saat dan coba mencolokkan usb lagi.

Dengan menggunakan metode ini komputer akan secara otomatis me-refresh sehingga komputer lebih ringan saat digunakan.

Selain mencabut dan mencolokkan USB, Anda juga harus memperhatikan port USB yang Anda gunakan.

Anda harus memastikan porta masih normal dan dapat digunakan, karena bisa jadi prot yang Anda gunakan rusak atau mungkin longgar dan tidak dapat membaca usb yang Anda pasang.

2. Cabut Power Supply

Cara untuk menangani USB yang tidak dikenal adalah mencabut power supply yang ada di belakang CPU komputer Anda. Anda dapat mencabut kabel yang terhubung ke power supply untuk mematikan komputer Anda.

Setelah Anda mencabut power supply, harap tunggu sebentar, biarkan motherboard komputer berhenti bekerja dan istirahat.

Jika Anda merasa telah mematikan komputer untuk waktu yang lama, silakan pasang kembali kabel catu daya dan coba komputer Anda lagi.

3. Pindah ke port USB lain

Cara kedua yang dapat Anda gunakan untuk berurusan dengan USB yang tidak dikenali adalah dengan memindahkan USB Anda ke port USB lain.

Metode ini terkait dengan metode pertama di mana ada kemungkinan bahwa port usb yang Anda gunakan rusak dan tidak dapat digunakan lagi karena Anda tidak dapat membaca USB yang masuk.

Jadi, jika Anda mendapatkan masalah yang tidak dikenali oleh USB, silakan pindahkan USB ke port lain.

Jika setelah USB dipindahkan ke port lain dan berhasil terdeteksi oleh komputer, kami dapat yakin bahwa port USB yang sebelumnya Anda gunakan telah rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

4. Nyalakan kembali Komputer

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah usb yang tidak dikenali adalah me-restart komputer Anda yang mengalami masalah.

Mungkin saja jika komputer yang Anda gunakan berjalan sangat berat sehingga tidak dapat membaca USB yang masuk ke komputer.

Karena itu tidak ada salahnya jika Anda me-restart komputer Anda sehingga komputer Anda menjadi lebih ringan.

Dan jangan lupa untuk mencabut semua usb yang terpasang di komputer Anda untuk membuatnya lebih ringan dan Anda juga dapat lebih mudah menggunakan port USB yang ada.

Baca Juga: Cara Download Game di Laptop

5. Periksa Kondisi USB

usb

Sebelumnya kami berasumsi bahwa ada masalah dengan port USB. Cara selanjutnya bisa jadi usb yang Anda gunakan di komputer adalah masalahnya.

Misalnya, flashdsik atau kabel USB yang Anda gunakan rusak atau memiliki kesalahan yang tidak dapat dibaca oleh komputer.

Jika memang USB Anda adalah masalahnya maka bukan tidak mungkin jika USB tidak dibaca oleh komputer atau laptop Anda.

Cara untuk mengetahui apakah USB bermasalah atau tidak adalah dengan menginstal USB lain pada port yang digunakan oleh USB sebelumnya, jika dibaca maka USB sebelumnya adalah masalahnya.

6. Matikan Manajemen Daya pada USB Root Hub

Ada cara efektif yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi usb atau dikenali, dengan menggunakan USB Root Hub.

Metode ini dapat Anda gunakan jika Anda merasa port USB Anda dalam kondisi baik dan tidak rusak, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik Mulai dan ketik Pengelola Perangkat di bidang pencarian.
  • Setelah memasuki Device Manager, klik Universal Serial Bus Controller dan pilih USB Root Hub.
  • Setelah itu, silakan pilih menu Manajemen Daya kemudian hapus centang pada bagian “Izinkan komputer untuk mematikan perangkat ini untuk menghemat daya”.
  • Kemudian klik OK.

Setelah Anda berhasil mematikan dan mengatur manajemen daya pada hub root USB, silakan restart komputer atau laptop Anda. Setelah itu, silakan coba mencolokkan USB di komputer / laptop Anda lagi.

7. Lakukan Scan for Hardware Change

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan jika USB Anda masih tidak dapat dibaca adalah dengan memindai perangkat di laptop atau komputer Anda.

Pemindaian ini berguna untuk mengetahui perangkat keras apa yang telah berubah dan komputer / laptop Anda secara otomatis akan di-refresh.

Alasannya mungkin karena perangkat keras pada perangkat Anda telah berubah sehingga Anda harus mengalami pemindaian terlebih dahulu.

Anda tidak perlu khawatir, cara melakukan pemindaian sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Win + R secara bersamaan.
  • Setelah itu, ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.
  • Kemudian klik pada bagian Action dan klik pada Scan for hardware changes.

Jika proses pemindaian telah selesai untuk setiap perubahan perangkat keras yang ada di komputer / laptop Anda.

Sekarang silakan coba instal usb di komputer / laptop Anda dan lihat apakah masih ada masalah atau sudah kembali normal.

8. Copot Perangkat Tersembunyi

Pada perangkat komputer atau laptop biasanya ada perangkat USB yang sudah diinstal tetapi tidak digunakan lagi.

Dengan begitu banyak USB terpasang, ini biasanya disebut Perangkat Tersembunyi karena perangkat ini sudah lama tidak digunakan.

Jika Anda memiliki terlalu banyak perangkat tersembunyi di perangkat Anda.

Itu tidak mengurangi kemungkinan bahwa komputer / laptop Anda akan mengalami kesalahan atau kerusakan yang dapat membuat USB tidak dikenali.

Itulah mengapa Anda dapat menghapus semua perangkat tersembunyi yang sudah lama tidak digunakan, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Win + R secara bersamaan.
  • Setelah itu ketik msc dan tekan Enter.
  • Silakan pilih menu View, lalu pilih Tampilkan perangkat yang tersembunyi.
  • Kemudian setelah itu perangkat tersembunyi akan muncul.
  • Kemudian setelah itu klik kanan pada perangkat tersembunyi dan pilih Uninstall.

9. Perbarui Driver Perangkat

Jika Anda masih tidak dapat menangani usb yang tidak dikenal setelah mencoba metode di atas, maka mungkin driver perangkat pada perangkat Anda belum diperbarui dan perlu diperbarui.

Alasannya, jika Anda belum memperbarui driver Anda maka driver tersebut tidak akan dapat bekerja secara optimal. Sebagai akibat dari kesalahan, inilah cara memperbarui driver USB:

  • Klik Mulai kemudian pada bilah pencarian ketik devmgmt.msc.
  • Kemudian buka Device Manager dan klik Universal Bus.
  • Silakan temukan menu Unknow Device.
  • Kemudian setelah itu klik kanan pada Unknow Device dan pilih Update Driver.

Setelah itu, silakan coba lagi apakah itu berfungsi atau tidak.

10. Lepaskan Perangkat USB

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk berurusan dengan usb yang tidak dikenal adalah dengan menghapus atau menghapus instalan perangkat usb dari komputer Anda.

Metode ini adalah solusi terakhir jika metode di atas masih tidak berfungsi untuk menyelesaikan masalah ini. Untuk menghapus instalan perangkat USB sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Seperti biasa masuk ke Device Manager.
  • Kemudian klik pada menu Action.
  • Di menu tindakan ada beberapa opsi, termasuk Uninstall Device.
  • Silakan klik opsi.

Setelah Anda menghapus instalasi perangkat USB dari perangkat Anda, jangan lupa untuk menginstal kembali perangkat USB sehingga Anda dapat menggunakan perangkat USB lagi di komputer atau laptop Anda.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 10 Cara Mengatasi USB Not Recognized pada Windows di Laptop/PC, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi USB anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Limited

error: Content is protected !!