Cara Menghapus Aplikasi Android Default

1 min read

Cara Menghapus Aplikasi Android Default Semua Tipe dengan Mudah – Tidak seperti menghapus aplikasi secara umum, untuk menghapus aplikasi Android bawaan memang membutuhkan cara khusus.

Mengapa aplikasi Android default (bloatware) perlu dihapus? Karena tidak semua aplikasi berguna untuk smartphone, bahkan cenderung mengganggu.

Selain itu, beberapa aplikasi hanya akan menghabiskan kapasitas memori. Lalu, bagaimana cara menghapus aplikasi Android default?

Tenang, kami akan menguraikan cara menghapus aplikasi default dengan keadaan smartphone telah di-root atau tanpa root.

Cara Menghapus Aplikasi Default Android setelah di-root

Cara Menghapus Aplikasi Android Default

Sebenarnya akan lebih mudah untuk menghapus bloatware ketika ponsel di-root, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi sebagai berikut.

1. Root Explorer

Root Explorer adalah item wajib yang harus dimiliki oleh pengguna ponsel cerdas yang telah melakukan root.

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dari file explorer lainnya, tetapi Root Explorer dapat membuka, mengedit, dan menghapus file yang ada.

Untuk menghapus bloatware cukup mudah. Buka Root Explorer dan klik tombol “Mount as R / W” di sudut kanan atas. Pastikan posisi dalam keadaan “R / W” (baca dan tulis), bukan “R / O” (hanya baca).

Kemudian buka folder System> App. Nantinya Anda akan melihat berbagai aplikasi default yang tersimpan di smartphone Android Anda. Jika Anda ingin menghapusnya, tekan dan tahan, lalu pilih hapus.

Pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan, bukan aplikasi vital. Jika Anda menghapus aplikasi yang salah, ponsel Anda tidak akan berjalan normal, bahkan bisa mengalami bootloop.

2. ES Explorer

ES Explorer

Tidak jauh berbeda dengan Root Explorer, aplikasi ini juga dapat mengakses dan memodifikasi file sistem. Apalagi ES Explorer dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap dan penampilan yang lebih ramah.

Cara cukup mudah. Pertama, izinkan akses root terlebih dahulu. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus menggunakan metode yang sama dengan Root Explorer.

3. Link2SD

Ternyata, selain digunakan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, Anda juga dapat menggunakan Link2SD untuk menghapus aplikasi default Android smartphone. Cara menggunakannya juga cukup mudah lho.

Instal aplikasi terlebih dahulu. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dengan mengklik tombol Action> Uninstall.

Saat halaman peringatan muncul, pilih OK untuk melanjutkan. Dengan cara ini, proses penghapusan akan berjalan.

Cara Menghapus Aplikasi Default Android Tanpa Root

Berikut ini adalah Cara Menghapus Aplikasi Android Default tanpa Root yang perlu Anda ketahui.

Menghapus aplikasi Android default yang juga dapat Anda lakukan tanpa akses root.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot mengaktifkan sistem Pengguna Super terlebih dahulu. Adapun cara menghapus Bloatware seperti di bawah ini:

  • Pertama unduh aplikasi yang disebut CCleaner.
  • Jika sudah, instal di perangkat Android Anda.
  • Buka aplikasi dan ketuk tiga garis di sudut kiri atas.
  • Kemudian pilih Manajer Aplikasi.
  • Kemudian pilih Sistem dan ketuk tombol ikon tempat sampah.
  • Saat Anda ingin menghapus aplikasi Android default, biasanya muncul peringatan.
  • Ketuk tombol Lanjutkan untuk melanjutkan.
  • Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Pastikan untuk tidak menghapus aplikasi penting.
  • Kemudian, ketuk Hapus instalan untuk menghapus aplikasi.
  • Jika yakin, ketuk OK.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Menghapus Aplikasi Android Default Semua Tipe dengan Mudah, semoga dapat membantu anda dalam menghapus aplikasi android default dengan mudah.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!