Cara Menghemat Baterai iPhone

4 min read

15 Cara Menghemat Baterai iPhone Anda Agar Lebih Awet & Tahan Lama – Baterai telah menjadi salah satu komponen terpenting dalam ponsel. Jika baterai iPhone Anda boros, maka Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk menghemat baterai iPhone di artikel ini.

Dengan harapan baterai bertahan lebih lama. Apple sendiri selalu selalu meningkatkan masa pakai baterai pada iPhone.

Namun sayangnya, meski kapasitas baterai lebih tinggi. Namun ternyata dalam penggunaannya masih cepat habis.

Sebenarnya hal yang membuat baterai iPhone cepat habis adalah karena banyaknya aplikasi yang kita jalankan. Padahal belum tentu aplikasi tersebut dapat meningkatkan produktivitas kita.

Bahkan ada aplikasi yang hanya digunakan sebagai “display” tetapi membuat baterai cepat habis. Untuk alasan ini, Anda perlu tahu cara menghemat baterai di iPhone dengan langkah-langkah sederhana.

Metode ini dapat digunakan pada semua model iPhone, seperti iPhone 5, 5s, 6, 6s, dan lainnya. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan di iOS 9, 10, 11, dan 12.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Lebih Awet

Berikut ini adalah cara untuk menghemat baterai iPhone yang harus Anda ketahui.

1. Matikan Fitur Reducing Motion

Berbagai efek animasi pada iPhone memang sangat menarik. Namun sangat di sayangkan, bahwa kita harus membayarnya dengan pengurangan kapasitas baterai yang besar.

Apakah ada kerusakan pada iPhone Anda? dan anda ingin mengklaim garansi? Lihat cara memeriksa garansi iPhone. Karena itu, anda dapat mempertimbangkan mematikan fitur ini.

Untuk mematikannya buka Pengaturan, lalu pilih Aksesibilitas, lalu matikan Reduce Motion.

2. Aktifkan Fitur Mode Daya Rendah

Mode ini berfungsi untuk mengurangi kecerahan layar, mematikan aplikasi yang running di latar belakang, dan mengurangi efek-efek tertentu.

Selain itu juga, kinerja prosesor pun akan ditekan sehingga hanya menggunakan sedikit daya baterai. Namun, gunakan mode ini disaat kita benar-benar dalam situasi yang memang harus menghemat daya baterai.

Contohnya, saat kita sedang dalam perjalanan yang membutuhkan waktu lama. Namun, jika dalam penggunaan sehari-hari normal. Anda tidak perlu mengaktifkan fitur ini, karena itu akan menghambat kinerja HP.

Untuk mengaturnya kita dapat membuka Pengaturan, lalu pilih Baterai, kemudian hidupkan atau matikan Mode Daya Rendah.

3. Atur GPS

Menyimpan baterai iPhone dengan mengatur GPS tidak berarti kita harus mematikan fitur ini. Tetapi kita harus mengelola aplikasi apa yang diizinkan untuk menggunakan layanan lokasi ini.

Fitur ini membuat iDevice anda lebih pintar. Tetapi jika ada terlalu banyak aplikasi yang anda izinkan, maka ia berpotensi menguras daya baterai lebih cepat.

Untuk mengaturnya buka menu Pengaturan, lalu pilih Privasi, lalu pilih Layanan Lokasi. Kemudian gulir ke bawah daftar aplikasi untuk melihat aplikasi mana yang diizinkan untuk menggunakan layanan ini.

4. Matikan Notifikasi pada Kunci Layar

Pada iOS 10 secara default aplikasi akan menampilkan notifikasi pada layar yang terkunci yang akan membuat iPhone kita hidup. Fitur ini sebenarnya cukup membantu.

Tapi tentu saja kita harus mengorbankan masa pakai baterai kita untuk fitur ini. Semakin sedikit aplikasi yang Anda izinkan, ini akan mengurangi waktu layar aktif.

Dengan demikian, usia baterai akan lebih lama. Untuk menyesuaikannya, kita dapat mengaturnya di menu Pengaturan, lalu Pemberitahuan, lalu pilih aplikasi dan matikan opsi Tampilkan di Kunci Layar.

5. Mempersingkat Penguncian Otomatis

Kunci Otomatis atau waktu tunggu sebelum iPhone bermode siaga. Fitur iPhone satu ini sangat berpengaruh untuk menghemat daya baterai.

Jika baterai adalah segalanya bagianda, maka anda harus memilih waktu tersingkat, 30 detik. Jadi, ketika iPhone tidak digunakan, secara otomatis akan mengunci sendiri dalam waktu 30 detik.

Untuk cara mengaturnya buka Pengaturan, pilih menu Umum, lalu pilih Kunci Otomatis.

6. Matikan Aplikasi Latar Belakang

Cara menghemat baterai iPhone yang cukup kuat adalah mematikan beberapa aplikasi yang kurang penting yang berjalan di latar belakang.

Tidak semua aplikasi memerlukan fitur Background App Refresh, misalnya game. Tetapi untuk aplikasi Olahpesan fitur ini harus dihidupkan.

Semakin banyak aplikasi yang menggunakan fitur ini, semakin tinggi penggunaan baterai iPhone. Untuk mematikannya buka Pengaturan, lalu pilih menu Umum, lalu pilih Background App Refresh.

Kemudian pilih aplikasi yang menurut anda kurang penting.

7. Nonaktifkan Spotlight

Spotlight di iOS akan terus bekerja di latar belakang. Fitur ini akan mengindeks data sehingga kita dapat dengan mudah mendapatkan apa yang kita inginkan.

Fitur ini memang cukup bagus, tetapi jika kita ingin menghemat baterai. Alangkah baiknya mematikan fitur ini. Anda melakukan ini dengan membuka Pengaturan, pilih menu Umum, lalu pilih Pencarian Spotlight.

8. Mematikan Raise to Wake

Raise to Wake merupakan fitur baru di iOS 10. Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan iPhone secara otomatis saat diambil. Jadi dengan fitur ini kita tidak perlu menekan tombol apa pun.

Fitur ini cukup mudah bagi kita ketika kita ingin melihat jam atau nofitikasi yang ada. Perangkat yang mendukung fitur ini adalah iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan seri berikut.

Namun sayangnya, fitur ini menghabiskan banyak baterai. Karena itu, alangkah baiknya jika kita mematikan fitur ini jika dianggap kurang bermanfaat.

Untuk mematikannya kita buka Pengaturan, lalu pilih Tampilan & Kecerahan. Kemudian gulir ke bawah hingga anda menemukan opsi Raise to Wake. Matikan fitur ini.

9. Hapus Aplikasi Baterai yang Boros

Di iOS 9, 10, dan 8. Kita bisa melihat daftar aplikasi yang paling boros tentang Penggunaan Baterai. Anda melakukan ini dengan membuka menu Pengaturan, lalu pilih Umum, lalu pilih Baterai.

Gulir ke bawah sampai kita melihat aplikasi mana yang menyedot baterai dalam 24 jam terakhir. Jika ada aplikasi yang tidak begitu penting tetapi jarang kita gunakan.

Anda dapat menghapus aplikasi dan mengganti aplikasi itu dengan aplikasi yang berfungsi sama dan tentunya lebih irit daya baterai.

10. Matikan AirDrop

AirDrop adalah fitur iPhone yang membutuhkan koneksi Bluetooth. Yang memungkinkan kita mentransfer foto atau file ke perangkat iPhone terdekat kita.

Namun sayangnya, fitur ini mengonsumsi daya baterai yang cukup. Gunakan fitur ini saat dibutuhkan. Ketika kita tidak membutuhkannya, lebih baik matikan saja.

11. Matikan WiFi

Wifi adalah jaringan yang dapat menghubungkan perangkat ke internet. Meski bermanfaat. Namun, fitur WiFi juga banyak menghabiskan baterai.

Jika anda menggunakan data seluler dan tidak menggunakan WiFi. Lebih baik kita matikan WiFi iPhone kita.

12. Matikan Fitur Handoff

Jika anda tidak memiliki perangkat Apple lain. Matikan saja fitur Handoff. Dengan membuka menu Pengaturan, lalu pilih Umum, lalu pilih Handoff, lalu matikan fitur.

13. Matikan Data Seluler

Saat anda menggunakan jaringan WiFi. Lebih baik mematikan Data Seluler, karena data seluler menghabiskan banyak baterai. Apalagi jika sinyal di sekitar tempat anda tidak pasti.

14. Matikan Wallpaper Dinamis / Hidup

Cara terakhir untuk menghemat baterai adalah mematikan Wallpaper Animasi. Meski tampilan layar akan menjadi lebih keren, tapi ternyata fitur ini lumayan boros dalam penggunaan daya baterai.

15. Rumor Menutup Aplikasi

Menutup aplikasi untuk menghemat masa pakai baterai adalah mitos. Bahkan, menutup aplikasi yang tidak digunakan akan membuat baterai berkurang.

Logikanya, agar aplikasi tidak menyedot baterai dari latar belakang. Dengan mengklik dua kali tombol beranda dan menggesek aplikasi yang ingin Anda tutup. Namun ternyata metode ini tidak tepat.

Ketika anda menutup aplikasi, itu membebaskan RAM. Yang artinya, ketika kita membuka aplikasi lagi, iPhone harus dimuat ulang ke dalam memori.

Apple sendiri telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa menutup aplikasi tidak akan berdampak pada daya tahan baterai.

Ketakutan andasejauh ini bahwa aplikasi latar belakang akan menghabiskan daya ternyata tidak benar.

Untuk mematikannya buka Pengaturan, lalu pilih Wallpaper, lalu pilih Pilih wallpaper baru. Kemudian pilih Stills atau pilih gambar dari galeri.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 15 Cara Menghemat Baterai iPhone Anda Agar Lebih Awet & Tahan Lama, semoga dapat membantu anda dalam menghemat baterai iPhone anda agar tahan lama.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!