Fungsi, Jenis, Serta Kelebihan dari LAN Card

3 min read

Fungsi LAN Card, Jenis-jenis, Serta Kelebihan dari LAN Card (Kabel dan Nirkabel) – Kartu LAN adalah chip atau kartu yang dapat dipasang ke PC atau laptop dan memiliki fungsi untuk mengirimkan LAN atau Jaringan Area Lokal.

Local Area Network atau LAN itu sendiri adalah salah satu jaringan yang paling banyak digunakan oleh sejumlah orang untuk berbagai keperluan.

Secara umum, tempat-tempat yang menggunakan LAN sebagai jaringan akses adalah sekolah, kafe, dan kantor.

Jika Anda ingin membuat jaringan Local Area Network, maka Anda bisa mengaplikasikan tiga cara atau metode.

Yaitu dengan metode menggunakan kabel (“Wired “), tanpa kabel (“Nirkabel”), atau Anda juga dapat menggabungkan dua metode tersuebut.

Jika Anda ingin menggunakan metode pertama, metode menggunakan Wired atau kabel, maka Anda harus menggunakan Ethernet untuk membangun jaringan.

Tetapi jika Anda ingin menggunakan metode kedua, yaitu metode Nirkabel atau nirkabel, Anda dapat menggunakan sinyal WiFi.

Secara umum, sebagian besar jaringan LAN yang digunakan di rumah, biasanya menggunakan Router untuk membuat jaringan dan mengelola perangkat yang terhubung dengannya.

Router ini digunakan sebagai pusat koneksi dan memungkinkan sejumlah perangkat seperti ponsel, laptop, komputer, dll. Untuk terhubung satu sama lain.

Router ini nantinya akan terhubung ke modem atau kabel untuk menyediakan akses internet ke perangkat yang terhubung dengannya. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh jaringan LAN seperti di bawah ini.

Jenis LAN Card

Fungsi, Jenis, Serta Kelebihan dari LAN Card

Seiring dengan perkembangan teknologi, kartu LAN sering mengalami pertumbuhan dan perubahan.

Perkembangan kartu LAN dapat dilihat dari perubahan kartu LAN yang saat ini memiliki dua jenis, yaitu kartu LAN kabel dan nirkabel. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis kartu LAN.

1. LAN Card Kabel

Kartu LAN dengan koneksi kabel adalah salah satu jenis kartu LAN klasik yang masih digunakan sampai sekarang.

Kartu LAN dengan koneksi menggunakan kabel ini sering menggunakan kabel untuk menghubungkan satu komputer dengan jaringan LAN atau jaringan lokal.

Penggunaan LAN dengan koneksi kabel masih banyak digunakan saat ini, karena dianggap memiliki biaya yang lebih efisien. Kartu LAN dengan koneksi kabel masih dibagi menjadi beberapa jenis, seperti:

  • LAN Card ISA

Kartu LAN ISA adalah jenis Kartu LAN yang pertama kali dibuat oleh perusahaan yang bergerak di jaringan komputer. Kartu LAN ini memiliki slot hitam dan memiliki satu hingga tiga.

Fitur lain dari ISA adalah dukungan konektor output untuk BNC dan RJ-45.

  • PCI Card PCI

Kartu PCI PCI diproduksi pada tahun 1992 dan masih banyak digunakan saat ini. PCI Card LAN ini merupakan pengembangan untuk menggantikan jenis Kartu LAN ISA.

Kartu LAN PCI mulai digunakan pada komputer generasi Pentium 1 dan masih digunakan sampai sekarang.

Perbedaannya adalah jika komputer digunakan untuk memiliki banyak slot untuk PCI Card PCI, berjumlah sekitar 5 slot, berbeda dari motherboard komputer saat ini yang hanya berjumlah 1 slot.

  • LAN Card USB

Seiring kemajuan teknologi, produsen mengembangkan kartu LAN untuk port USB.

Tujuan pengembangan Kartu LAN ini adalah untuk memfasilitasi penggunaan kartu LAN di jaringan komputer tanpa harus membuka kasing komputer, cukup dengan mencolokkannya ke port USB.

2. LAN Card Nirkabel

Kartu LAN ini merupakan penerus dari kartu LAN kabel normal, di mana konektivitas dari kartu LAN menggunakan teknologi nirkabel alias nirkabel.

Jenis kartu LAN ini menggunakan antena sebagai penangkap dan juga melepaskan sinyal secara lokal.

Kelebihan dari kartu LAN jenis ini adalah tidak menggunakan kabel, membuatnya mudah untuk melakukan instalasi dan juga mudah untuk penggunaan sehari-hari.

Kelebihannya:

Kartu LAN pertama kali muncul pada 1950-an, yang pada saat itu membuat komputer super yang semakin dikenal oleh banyak orang.

Ini adalah salah satu pemikiran dasar dari beberapa ahli komputer jika mereka ingin banyak komputer digunakan secara bersamaan.

Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh LAN atau Local Area Network pada jaringan komputer.

  • Jaringan LAN sangat mudah diimplementasikan untuk semua jenis komputer.
  • Jaringan LAN dapat digunakan untuk mempercepat proses transfer data ke komputer lain yang terhubung tetapi tidak di satu lokasi.
  • Jaringan LAN biasanya memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi.
  • Jaringan LAN tidak memerlukan penggunaan koneksi internet.
  • Jaringan LAN tidak akan terganggu oleh kondisi cuaca.

Kemudian rencana lain adalah apa yang ingin dibuat oleh peneliti komputer sehingga satu komputer dapat melayani beberapa terminal sekaligus.

Ini karena pada waktu itu biaya merakit komputer sangat mahal. Nah, saat itulah sistem yang disebut Time Sharing System dibuat.

Ini adalah bentuk pertama dari munculnya jaringan komputer dan saat ini komputer berkembang sangat pesat.

Setelah era Time Sharing System ditinggalkan, sebuah sistem baru dibuat yang dibuat dengan nama Proses Distribusi.

Pada saat itu server atau host dapat melakukan banyak tugas secara paralel dan terhubung secara seri dengan banyak atau beberapa unit komputer dan terminal.

Pada saat itu penggunaan sistem Proses Distribusi sudah mulai matang. Dan ketika harga peralatan dan komponen komputer mulai turun dan banyak yang sudah memproduksi komputer.

Saat itulah pengembangan jaringan komputer Peer to Peer dimulai.

Peer to Peer Network adalah jaringan komputer di mana satu komputer dengan komputer lain dapat dihubungkan dan kedua komputer dapat bertindak sebagai Klien atau Server.

Berikut ini merupakan fungsi LAN card yang harus anda ketahui.

Fungsi Kartu LAN

LAN Card

Kartu LAN adalah salah satu perangkat keras komputer atau perangkat hardware yang memiliki fungsi sangat penting di dalam jaringan komputer.

Fungsi LAN Card adalah untuk membantu menghubungkan komputer ke LAN atau Jaringan Area Lokal. Kita dapat menemukan jaringan LAN di berbagai tempat seperti sekolah, universitas, kantor, kafe, dan kafe.

Dengan LAN ini, setiap komputer dapat dihubungkan satu sama lain dalam satu ruangan. Sekarang berikut ini adalah fungsi-fungsi yang dimiliki kartu LAN yang perlu Anda ketahui.

  1. Kartu LAN dapat digunakan untuk membuat koneksi antara Klien dan Server untuk terhubung ke internet. Dah hanya perlu satu server dan satu modem untuk melayani lebih dari 10 komputer.
  2. Kartu LAN dapat digunakan untuk media komunikasi seperti telepon, mengobrol antar komputer yang terhubung meskipun tidak terhubung ke jaringan internet.
  3. Kita dapat menggunakan Kartu LAN untuk memainkan game multi-pemain.
  4. Kartu LAN dapat digunakan untuk mengakses database dari server.
  5. Kita dapat menggunakan Kartu LAN untuk menjaga kerahasiaan data sehingga data hanya dapat diakses oleh komputer yang terhubung ke jaringan LAN. Ini agar data tidak mudah bocor ke jaringan luar.
  6. Kartu LAN dapat digunakan untuk jarak jauh atau memantau penggunaan komputer dalam jaringan LAN.
  7. Kartu LAN juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja server yang bertindak sebagai penyedia data sehingga dapat diakses dengan mudah oleh komputer klien.
  8. Kartu LAN yang anda gunakan dapat untuk sharing file atau berbagi file dengan mudah dan cepat di jaringan LAN.
  9. Kartu LAN dapat digunakan untuk mendapatkan dan menyebarluaskan informasi yang bersifat internal tanpa harus disebarkan melalui jaringan WAN.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Fungsi LAN Card, Jenis-jenis, Serta Kelebihan dari LAN Card (Kabel dan Nirkabel), semoga dapat membantu anda dalam memahami tentang LAN card.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

Cara Daftar Grab Penumpang

Admin
2 min read

Pengertian Firewall

Admin
5 min read
error: Content is protected !!