Pengertian HTML Secara Lengkap

3 min read

Pengertian HTML (Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan) Lengkap – Ketika kita berbicara tentang dunia teknologi, itu pasti tidak akan pernah berakhir. Sekarang pada kesempatan ini kita akan membahas tentang HTML.

Pernahkah Anda mendengar kata itu? Tentu saja mereka yang sudah aktif di internet tidak benar-benar mengenalnya. Namun mungkin juga masih tidak sedikit yang tidak tahu apa itu HTML?

Pada kesempatan yang baik ini kami akan menjelaskan sedikit tentang seluk beluk HTML. Kami yakin banyak dari Anda yang lebih atau kurang akrab dengan HTML.

Meskipun itu mungkin hanya perpanjangan, ini sudah awal yang baik. Tetapi tentu saja jika Anda ingin mengenalnya lebih baik maka itu tidak cukup. Jadi, apa artinya dan Fungsi HTML? Silakan baca penjelasan berikut.

Sejarah Singkat HTML

Untuk pertama kalinya HTML ini dibuat oleh perusahaan perangkat keras terkenal, IMB (International Business Machines) pada tahun 1980.

Mereka berhasil membuat bahasa dengan menggabungkan tag tertentu dengan teks. Bahasa ini disebut GML (Geeneralized Markup Language).

Tetapi pada tahun 1986, Organisasi Standar Internasional mengubah namanya menjadi Bahasa Standar Bahasa Markup Umum. Dia juga menetapkan standar untuk pembuatan dokumen.

Lebih lanjut tepatnya pada tahun 1989, sebuah tim yang dipimpin oleh Berners Lee dari CERN menciptakan bahasa pemrograman untuk dokumen yang kemudian dikenal sebagai HTML.

Semua berlanjut hingga sekarang dan HTML juga berkembang. Untuk saat ini versi terbaru adalah HTML5 di mana ia mendapat banyak kemajuan dari versi sebelumnya, XHTML.

Berikut ini merupakan pengertian HTML yang harus anda ketahui.

Apa Itu HTML

Pengertian HTML Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Disebut Hypertext karena ada teks yang dapat memiliki fungsi lain misalnya sebagai tautan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Sementara itu disebut Markup Language (bahasa markup) karena menggunakan tanda (mark) di beberapa bagian. Ini disebut sebagai tag HTML.

Pengertian HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman situs web, adalah fondasi dalam tata letak situs web.

Pernahkah Anda mengunjungi blog atau situs web di internet? Kami 100% yakin Anda pernah melakukan nya, karena bahkan sekarang Anda membaca blog ini, jadi tentu saja anda pernah mengunjungi situs web.

Sekarang biasanya blog dan situs web dibuat dan dikompilasi menggunakan HTML.

Namun, jika Anda hanya menggunakan HTML, tampilan tidak akan menarik. Itu sebabnya biasanya ditambahkan dengan CSS dan juga PHP.

Cukup ketika Anda mengunjungi blog atau situs web, maka sebenarnya itu terdiri dari HTML dengan CSS tambahan, PHP dan mungkin yang lainnya.

Namun, bahasa tersebut diterjemahkan oleh komputer Anda sehingga tampilan yang muncul di situs web menjadi berubah. Ingin melihat bentuk asli situs web? Silakan klik kanan dan Pilih Lihat Sumber Halaman.

Manfaat HTML

Disadari atau tidak, HTML telah memiliki peran penting dalam pengembangan masyarakat modern, terutama hal-hal yang berkaitan dengan situs web.

1. Sebagai Situs Web Dasar

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa HTML sangat berpengaruh dalam hal situs web. Secara umum, situs web harus menggunakan HTML sebagai fondasinya.

Tanpa menggunakan HTML, kami tidak dapat menambahkan bahasa lain baik itu CSS, PHP atau Javascript.

2. Berikan Tanda Khusus Pada Teks

Di HTML ada berbagai tag, yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Seperti MS Word, ada juga tag HTML yang berfungsi untuk membuat teks menjadi tebal, miring atau bergaris bawah.

3. Untuk memisahkan bagian dari situs web / blog

Biasanya dalam sebuah blog atau situs web terlihat terbagi menjadi beberapa bagian. Ada yang namanya navigasi, header, footer atau bagian dari artikel.

HTML juga dapat berfungsi untuk memisahkan mereka dengan memberikan ‘tanda’.

Ini bisa dalam bentuk warna yang berbeda atau sesuatu yang lain sehingga pengguna yang mengakses situs web dapat dengan mudah membedakan.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan fungsi HTML. Tetapi beberapa contoh di atas mungkin memberi Anda gambaran betapa pentingnya HTML.

Kelebihan dan Kekurangan HTML

html

Berikut kelebihan dan kekurangan yang ada dalam HTML.

Kelebihan:

  • Merupakan bahasa pengkodean lintas platform, artinya HTML dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer dan berbagai sistem operasi yang berbeda. Jadi fleksibel karena ditulis hanya dengan menggunakan editor karakter ASCII.
  • Dapat disisipkan gambar baik gambar statis maupun dinamis (animasi) termasuk menggunakan gambar yang akan hyperlink. Gambar di sini digunakan untuk merujuk ke halaman web, di mana masing-masing titik yang telah ditetapkan sebagai persegi panjang (kotak), poligon (kurva tidak teratur) atau lingkaran digunakan untuk ‘melompat’ ke halaman lain, atau tautan ke halaman di luar web yang bersangkutan.
  • Animasi dapat dimasukkan dalam bentuk Java Applet atau file animasi dari Macromedia Flash atau Macromedia Shockwave (untuk tujuan ini, browser harus memiliki plug-in khusus untuk menjalankan file animasi ini).
  • Anda dapat memasukkan bahasa pemrograman untuk meningkatkan halaman web Anda seperti Javascript, VBScript, Active Server Pages, Perl, Tcl, PHP dan sebagainya.
  • Bisa dibilang HTML bukan bahasa pemrograman sehingga tidak membutuhkan kompiler. Cara menjalankannya cukup dengan menggunakan browser.

Kekurangan:

  • Hasilkan halaman statis, yang anda tahu untuk mendapatkan halaman dinamis harus menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Javascript atau VBScript dan animasi seperti Flash atau Shockwave.
  • Memiliki begitu banyak tag yang sulit dipelajari bagi mereka yang masih awam.
  • Tidak dapat menghasilkan halaman interaktif. Interaktif di sini berarti klien dapat berinteraksi dengan server. Untuk tujuan ini, HTML harus dimasukkan dengan bahasa pemrograman yang dapat menangani ini, misalnya Perl atau Tcl.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian HTML [Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan] Lengkap, semoga dapat membantu anda dalam menghemat baterai iPhone anda agar tahan lama.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!